Pengikut

Bismillahirahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Akhi wa ukhti fillah.
Mencintai adalah benih dari kasih sayang
Membaca memaknai kehidupan


Minggu, 07 Oktober 2012

Kesimpulan dari Penerapan Pancasila


Unsur-unsur pancasila sekarang ini memang menjadi pertanyaan besar apakah unsur itu dapat dilaksanakan atau sebaliknya. Pahadal jika kita bayangkan di Negara kita Indonesia saja terdapat korupsi yang sudah mengakar selain itu juga tingkat kriminalitas seakan merajalela. Hal ini akan menyimpang dari unsur-unsur pancasila. Namun kita tengok sebagian unsur pancasila itu ada yang dijalankan diantaranya:
1.      Ketuhanan yang Maha Esa
Sila pertama ini masih dijalankan oleh rakyat Indonesia, di mana dari hal ini menunjukkan sikap toleransi antar umat beragama.
2.      Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Seperti kita ketahui bahwa ada yang masih menerapkan adab dalam kehidupan. Seperti kita tengok yang bagian kecil yaitu anak yang berangkat sekolah dengan meminta izin dan bersalaman tangan dengan orang tua. Akan tetapi di sini dijelaskan pula bahwa masih terselip ketidakadilan dalam diri wakil rakyat seperti maraknya korupsi dan suap menyuap.
3.      Persatuan Indonesia
Ini masih diterapkan oleh bangsa Indonesia hal ini dapat kita lihat dari digalakkannya upacara kemerdekaan Indonesia di setiap momentum HUT RI.
4.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
Ini pula masih diterapkan bahwa bangsa Indonesia masih menggunakan demokrasi dalam sistem pemerintahan. Demokrasi di sini digunakan untuk rakyat, oleh rakyat, dan dari rakyat.
5.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Mengulang dan mempertegas tentang sila kedua dari unsur-unsur pancasila yang telah dijelaskan di atas bahwa keadilan di Indonesia ini kuranglah diterapkan hal ini ditandai suap menyuap akan kejahatan oleh pihak-pihak tertentu. Inilah sebagian kecil contoh dari ketidakadilan yang dilakukan oleh sebagian besar dari kalangan pemerintah.

Tidak ada komentar: