Pengikut

Bismillahirahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Akhi wa ukhti fillah.
Mencintai adalah benih dari kasih sayang
Membaca memaknai kehidupan


Minggu, 09 September 2012

Jendela Sukses


Mahasiswa itu sudah dewasa yakni perubahan antara pubertas dan pradewasa. Kehidupan mahasiswa berbeda jauh apabila dibandingkan dengan kehidupan anak SMA. Penulis di sini hanya ingin menyampaikan sekilas tentang kesuksesan yang diperuntukkan oleh mahasiswa itu sendiri. What do you think about succes? Sukses adalah menikmati keberhasilan akan pencapaian cita-cita. Konsep pendidikan sesungguhnya itu di dalam dunia perkuliahan mahasiswa dituntut untuk mengikuti sistem kurikuler dan ekstrakulikuler sebagai mutu atau kualitas lulusan terbaik. Kiat-kiat sukses menjadi mahasiswa itu ada beberapa cara diantaranya:
1.      Adanya tujuan atau cita-cita
Kalau manusia tidak memiliki tujuan dalam hidup maka yang akan terjadi hidup pun seakan tak punya arah yang jelas.
2.      Disiplin
Dengan bersikap disiplin dalam kehidupan kita akan dapat menjadi pribadi yang menghargai waktu. Sehari yang sangat berharga yang dijadikan untuk hal-hal bermanfaat. Pergunakanlah waktu dengan sebaik mungkin karena nasib kamu tergantung pada apa yang kamu kerjakan hari ini.
3.      Konsistensi
Kita diwajibkan untuk istiqomah(konsisten) dengan apa yang kita kerjakan. Agama Islam pun menyeru umatnya untuk istiqomah di dalam bertindak maupun dalam berucap. Walaupun sekecil apapun amalan kebaikan yang kita kerjakan tetapi pelaksanannya itu berlangsung terus menerus jauh lebih indah dibandingkan dengan amalan yang banyak tetapi pelaksanaannya itu tidak istiqomah. Untuk itulah di sini ditegaskan lagi bahwa mahasiswa harus bersikap istiqomah(konsisten) dengan apa yang dilakukannya.
4.      Pengetahuan
Pengetahuan yang banyak akan membuat mahasiswa itu lebih mengetahui akan banyaknya ilmu-ilmu yang didapatkan. Adanya pengetahuan dari sumber bacaan yang didapat nantinya akan membuat mahasiswa itu menjadi sukses seperti yang diharapkan.
5.      Keyakinan
Mahasiswa yang baik menyakini akan kemampuan yang dimilikinya itu. Yakin akan menjadi tolak ukur dalam bertindak. Jika hati mahasiswa itu sendiri rapuh maka keyakinan seakan menyurut di dalam kalbu. Itulah yang terkadang membuat mahasiswa memiliki mental yang tak berani dalam menggapai kesuksesan itu.
6.      Tindakan
Tindakan yang dilakukan oleh mahasiswa itu haruslah sesuai dengan hal-hal kesuksesan itu. Buanglah tindakan yang akan menjerumuskan mahasiswa ke dalam lembah penyesalan. Pergunakanlah kesempatan yang ada untuk dapat memperoleh sukses itu.
7.      Sehat Jasmani dan Rohani
Kesehatan itu merupakan aset berharga. Mahasiswa yang sakit akan mudah menyerah dalam kehidupan bahkan akan bunuh diri. Sungguh perilaku mahasiswa yang tidak mencerminkan karakter bangsa. Di sinilah peran agama sebagai wadah bagi mahasiswa agar sehat rohani. Sehat rohani akan membuat jasmani kuat. Dengan demikian mahasiswa itu tidak hanya sehat jasmani melainkan rohaninya pun sehat. Karena sehat jasmani dan rohani dapat membuat mahasiswa itu dapat memperoleh kata sukses di dalam kalbu dan tindakannya.

Tidak ada komentar: